Lewat Musik Ranie Klees Ajak PWI Angkat Kota Depok

Beberin.com, KOTA DEPOK – Sebenarnya banyak seniman musik yang berdomisili di Kota Depok, seperti Iwan Fals, Ayu Ting Ting , Bongky dan Koko Tole. Namun, yang satu ini Lady rocker asal Kota Depok, Ranie Klees ingin mengangkat nama Kota Depok di dunia musik.

“Jadi sayang kan, jika potensi tersebut tidak diajak untuk mengangkat nama Kota Depok. Seniman musik banyak yang tinggal di Kota Depok. Ada Iwan Fals, Koko Tole, Bongkyi dan ada juga Ayu Ting Ting dan banyak lagi. Sebenarnya kita bisa buat acara gebyar yang bisa angkat nama Kota Depok,” ujar Ranie Klees, Jumat (13/01/2023), saat berbincang-bincang di Kantor PWI Depok, Jawa Barat.

Wanita cantik yang bernama asli Chairani Anwar yang kini berusia 45 tahun ini mengaku prihatin dengan Kota Depok yang justru viral dengan berita-berita kurang sedap, seperti isu babi ngepet, Covid-19 dan lain-lain.

“Coba deh kita buat acara gebyar, kita kumpulin seniman-seniman di Kota Depok. Kita angkat nama Kota Depok lewat pertunjukan musik dan seni yang gemanya sampai ke tingkat nasional,” harap Ranie yang dikenal memiliki suara khas serak ini yang mengungkapkan idenya seraya mengajak PWI Kota Depok.

Untuk pecinta musik tanah air sendiri mungkin tidak asing dengan sosok wanita berambut pendek ini. Sebab, dia sudah sering kali tampil di berbagai pagelaran musik baik dari panggung ke panggung hingga stasiun televisi nasional.

Perempuan yang menetap di Jalan Masjid Arrahman Poncol, di atas Jembatan Panus Depok Lama ini sudah menekuni dunia tarik suara sejak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD)..“Aku mulai nyanyi dari SD. Awalnya jadi penyanyi di grub Qasidahan tahun 1985 silam,” ucap Ranie.

Dia menceritakan, bahwa sejak belia sudah menuai prestasi dalam ajang lomba seni musik. Hal itu terbukti dari berbagai penghargaan yang dia terima saat menjadi personil grub Qasidahan. “Aku dulu sering menang lomba Qasidahan antar sekolah di Jakarta,” papar wanita yang dikenal sebagai the next Nicky Astria ini.

Kemudian dia setelah duduk di bangku SMA, dirinya semakin menekuni hobi bernyanyinya ini. Dia juga mulai bergabung dengan beberapa band sekolahan dan ikut beberapa kompetisi.

“Bahkan sampai kuliah dan kerja di kantor saya masih aktif ngeband saking cinta nya sama musik,” jelas Ranie yang sempat masuk 12 besar ajang pencarian bakat, X Factor di salah satu stasiun televisi swasta ini. Bahkan juga saat ini tengah merilis single. “Masih dalam penggarapan,” tutup Ranie yang sudah memiliki satu album bertajuk Never Give Up.

Ditempat yang sama Rusdy Nurdiansyah, selaku Ketua PWI Depok mendukung ide Ranie Klees. “Harusnya seniman Kota Depok dikasih panggung dan bukan tidak mungkin Kota Depok dijadikan barometer musik nasional dan bahkan internasional. PWI Kota Depok siap mendukung adanya panggung untuk para seniman musik Kota Depok mengaktualisasikan karyanya,” ujarnya.

Rusdy menambahkan, berencana mengundang Ranie untuk tampil di panggung Depok Media Center (DMC) Awards 2023 yang akan berlangsung di Hotel Bumi Wiyata pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar pada 17 Februari 2023 mendatang.

“Jadi, ini bentuk awal kolaborasi PWI Kota Depok dengan seniman musik untuk tampil menunjukan kepiawaiannya di ajang bergengsi DMC Awards,” imbuh peraih Kartu Pers Nomor Satu atau Press Card Number One (PCNO) dari Presiden RI itu.

SAID